4 Gerakan Dasar Olahraga Breakdancing yang Perlu Kamu Tahu

Ada yang berbeda dalam pagelaran Olimpiade Paris 2024, yaitu penambahan olahraga baru Breakdancing. Bahkan sempat viral mengenai atlet Australia yang meraih nilai 0 karena menggunakan gerakan dasar olahraga Breakdancing aneh.

Agar tidak salah kaprah dan menganggap cabang olahraga ini bisa dilakukan dengan sembarangan. Maka ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat empat gerakan dasar olahraga Breakdancing ini.

Apa Itu Olahraga Breakdancing?

Breakdancing, atau sering disebut b-boying, adalah bentuk tarian yang berasal dari budaya hip-hop di Amerika Serikat pada akhir 1970-an. Olahraga ini menggabungkan elemen tarian, akrobatik, dan seni pertunjukan, sehingga menjadi salah satu cabang olahraga yang dinamis dan menarik.

Sejarah Singkat Breakdancing

Breakdancing muncul di lingkungan urban, terutama di New York City, sebagai cara untuk mengekspresikan diri dan bersaing secara kreatif. Tarian ini berkembang pesat dan menjadi bagian integral dari budaya hip-hop, bersamaan dengan rap dan graffiti

Sebenarnya Breakdancing bukan cabang olahraga baru yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Sebab pada tahun 2018 lalu, olahraga ini juga sudah dipertandingkan pada Olimpiade remaja di Argentina.

4 Gerakan Dasar Olahraga Breakdancing

Terdapat setidaknya empat gerakan dasar olahraga Breakdancing yang perlu kamu kuasai agar menjadi atlet profesional, antara lain:

1. Toprock

Toprock adalah gerakan pemanasan yang melibatkan pergerakan tubuh bagian atas sesuai dengan irama musik. Biasanya, gerakan ini dilakukan dengan tangan di atas, sehingga terkesan energik saat akan memulai.

2. Downrock

Fokus dari downrock ada pada kombinasi gerakan antara kaki dan tangan. Dalam gerakan ini, penari dapat melakukan berbagai variasi, seperti headspin dan turtle, yang lebih menonjolkan skill dan kreativitas.

3. Freezes

Freezes adalah gerakan yang diambil saat jeda lagu atau transisi masuk ke bagian yang lebih energik. Penari akan mempertahankan satu posisi selama beberapa detik, sehingga penampilannya terkesan dramatis.

4. Power Moves

Power moves adalah gerakan yang menunjukkan teknik dan kekuatan penari. Contoh dari gerakan ini diantaranya flare, windmill, swipe dan butterfly kick, yang sering menjadi penilaian utama dalam pertunjukan.

Aturan Dalam Olahraga Breakdancing

Selain gerakan dasar olahraga Breakdancing. Berikut adalah beberapa aturan utamanya yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Penilaian

Penari dinilai berdasarkan teknik, kreativitas, dan gaya. Nantinya juri akan memberikan skor untuk setiap penampilan para atlet.

2. Pakaian

Peserta diharapkan mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk bergerak, namun tetap memperhatikan penampilan.

3. Waktu

Setiap penari biasanya memiliki waktu tertentu untuk menampilkan gerakan mereka, biasanya antara 1-3 menit.

4. Etika

Meskipun terkesan tengil, namun olahraga ini menekankan pada sportifitas terhadap lawan, menghormati juri juri, dan penonton. Sikap sportif dan tidak merendahkan lawan tersebut sangat wajib.

5. Originalitas

Penari didorong untuk menampilkan gerakan yang unik dan original. Boleh saja meniru dari penari lain asalkan memodifikasinya menjadi lebih baik.

6. Penampilan

Penari harus menjaga energi dan interaksi dengan penonton selama penampilan mereka. Semakin ramai sorak sorai penonton maka semakin besar poin yang akan penari dapatkan untuk memenangkan pertandingan.

Penutup

Meskipun gerakan dasar olahraga Breakdancing tidak beraturan. Namun untuk mendapatkan nilai yang tinggi maka juga tidak boleh sembarangan dan harus menggunakan teknik yang tepat. Jika menggunakan teknik sembarangan maka tarian akan terkesan aneh akibatnya tidak akan mendapatkan nilai alias 0 seperti atlet Australia di Olimpiade Paris kemarin.

Baca Juga: Prestasi FC Barcelona: Mengukir Sejarah Di Dunia Sepak Bola